Pages

Jumat, 19 Oktober 2012

Konsentrator dan Kabel Jaringan Komputer

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Sekian lama saya tidak posting di blog karena kesibukan disekolah. Mohon maaf untuk semuanya karena blog ini belum diperbaiki keseluruhan.

Kali ini saya akan berbagi ilmu tentang perlengkapa jaringan komputer, lebih tepatnya konsentrator dan kabel untuk jaringan komputer. Langsung saja dimulai..

Jenis-jenis kabel Jaringan Komputer

Dalam jaringan komputer, kabel merupakan media penghubung utama, karena kabel merupakan media transfer antar PC. Dalam jaringan Lokal, dikenal ada tiga jenis kabel, yaitu :



1.UTP (Unshielded Twisted Pair)
2.Coaxial
3.FDDI (Fiber Data Distributed Interface)

UTP (Unshielded Twisted Pair)
Merupakan kabel jaringan yang paling banyak digunakan karena kemudahan yang ditawarkan, yaitu kemudahan pengembangan jumlah klien tanpa mengganggu sistem komunikasi atau tanpa harus mematikan server.
Namun kelemahan utamanya adalah relatif mahalnya implementasi sistem, diperlukan satu hub yang berfungsi sebagai konsentrator koneksi jaringan. Hub terdiri dari port koneksi yang saling terhubung. Jangkauan maksimumnya dalah 100 m.

Kabel UTP disambung dengan konektor RJ-45 menggunakan tang crimping.

Kabel RJ-45 adalah kabel Ethernet yang biasa digunakan dalamopologi jaringan komputer LAN maupun jaringan komputer tipe lainnya. Konektor RJ-45 ini memiliki konfigurasi dua macam, sesuai dengan perangkat yang ingin dihubungkannya.




Jenis Sambungan Kabel UTP

1. Stright fungsinya untuk menghubungkan dua atau lebih peralatan yang berbeda. dan ujung yang A dengan ujung yang B sama.
contoh : PC/Laptop dengan HUB, PC dengan AP (Acsess Point)

2. Cross fungsinya untuk menghubungkan dua atau lebih peralatan yang sama. dan ujung yang A dengan ujung yang B berbeda.
contoh :  PC/Laptop dengan PC/Laptop,AP denganAP (Acsess Point)

Urutan Pemasangan kabel Strigh menurut OSI (Open System Interconection).
Urutan Pertama       : White Orange
Urutan kedua          : Orange
Urutan ketiga          : White Green
Urutan Keempat     : Blue
Urutan kelima         : White Blue
Urutan keenam       : Green
Urutan ketujuh        : White Brown
Urutan kedelapan    : Brown

Urutan Pemasangan kabel Cross menurut OSI (Open System Interconection).
Urutan Pertama        : White Green
Urutan Kedua          : Green
Urutan Ketiga          : White Orange
Urutan Keempat      : Blue
Urutan Kelima         : white Blue
Urutan Keenam       : Orange
Urutan Ketujuh        : White Brown
Urutan Kedelapan    : Brown




Coaxial

Kabel coaxial banyak digunakan di jaringan lokal karena biaya pembangunan jaringan relatif murah dan tidak memerlukan hub sebagai konsentrator jaringan.
Kabel coaxial terdiri dari beberapa jenis, yaitu :

Thick Co-axial yang memiliki jangkauan antar titik koneksi  sepanjang 500 m.
Thin Co-axial yang memiliki jangkauan antar titik koneksi   sepanjang  185 m.

Kabel tipe ini banyak dipakai di jaringan komunikasi analog. Seperti 2M band. Adapun jenis kabel coaxial yang biasa digunakan adalah RG-58, RG-8, dan lan-lain.




FDDI (Fiber Data Distributed Interface)

FDDI (Fiber Data Distributed Interface) atau yang sering disebut dengan kabel Fiber Optic, menggunakan 2 buah ring. Pertama, Primary ring yang digunakan untuk komunikasi data. Kedua, Secondary ring yang digunakan sebagai media komunikasi cadangan. Kedua ring ini bertransmisi secara berlawanan (counter rotating).
Versi FDDI ada yang menggunakan inti copper dan disebut sebagai CDDI (Copper Distributed Data Interface). FDDI Fiber Optik mempunyai dua mode transmisi, yaitu single mode dan multi mode. 

Single mode menggunakan sinar laser sebagai media, transmisi data sehingga mempunyai jangkauan yang lebih jauh. Sedangkan multimode menggunakan LED sebagai media transmisi.
Keuntungan menggunakan Fiber Optic, antara lain :
a.     Fiber Optic tidak mentransmisi sinyal elektrik sehingga tidak ada gangguan secara elektrik dari Radio Frequency Interference (RFI) dan Electromagnetic Interference (EMI)
b.     Jangkauan FDDI sekitar 2 km untuk single mode dan 26 km untuk multi mode.



Konsentrator

Konsentrator adalah perangkat yang digunakan untuk memperluas dan menambah jumlah komputer dalam sebuah jaringan.
Konsentrator terdiri dari dua jenis yaitu hub dan switch. Perbedaan keduanya pada kemampuan transfer data. Pada hub kecepatan transfer data adalah 6,25 Kbps sedangkan pada switch kecepatan transfer data adalah 100 Kbps.


Hub

Suatu perangkat yang memiliki banyak port yang akan menghubungkan beberapa node (komputer) sehingga membentuk suatu jaringan pada topologi star.
Beberapa hub di pasaran kadang disebut dengan istilah hub-switch yang sering dikira oleh kita sebagai switch, tentu saja hub lebih lambat performanya daripada switch.

Cara Kerja: Ketika sebuah paket tiba di salah satu port, paket itu akan disalin ke port-port yang lain di hub. Atau dengan kata lain hub hanya menyalin data ke semua simpul yang terhubung ke hub. Hal ini menyebabkan unjuk kerja jaringan akan lambat.
Hub dengan spesifikasi 10/100Mbps harus berbagi bandwidth dengan masing-masing port. Jadi ketika hanya satu PC yang menggunakan, akan mendapat akses bandwith yang maksimum yang tersedia. Namun, jika beberapa PC beroperasi atau di gunakan pada jaringan tersebut, maka bandwidth akan dibagi kepada semua PC, sehingga akan menurunkan kinerja jaringan



Switch

Switch bentuknya hampir sama dengan hub.
Switch atau lebih dikenal dengan istilah LAN Switch merupakan perluasan dari konsep bridge.
Salah satu contohnya adalah HP Procurve V1810-8G yang merupakan 8 Port Gigabit Switch.

Cara Kerja: Ada dua arsitektur dasar yang digunakan yaitu: cut-through dan store and forward.
Switch cut trough memiliki kelebihan di sisi kecepatan karena ketika sebuah paket datang, switch hanya memperhatikan alamat tujuan sebelum diteruskan ke segmen tujuannya. Sedangkan Switch store and forward merupakan kebalikan dari switch cut-through. Switch ini menerima dan menganalisa seluruh isi paket sebelum meneruskannya ke tujuan dan untuk meneriksa satu paket memerlukan waktu, tetapi ini memungkinkan switch untuk mengetahui adanya kerusakan pada paket dan mencegahnya agar tidak mengganggu jaringan.
Switch dengan spesifikasi 10/100Mbps akan mengalokasikan 10/100Mbps penuh untuk setiap port nya. Jadi berapapun jumlah computer yang terhubung, pengguna akan selalu memiliki bandwidth penuh.


Demikian post tentang konsentrator dan kabel jaringan. Terima kasih telah mau membaca artikel yang telah saya posting dan wassalam...







1 komentar: