Pages

Jumat, 06 Januari 2012

Sistem Komputer


Sistem Komputer

Sebagai seorang calon teknisian, sudah selayaknya jika kamu bisa mengenali dan mengetahui setiap perangkat yang umumnya terdapat dalam sebuah komputer (PC). Seperti yang ditunjukkan pada gambar dibawah ini. Gambar ini menunjukkan sebuah peralatan umum yang dibutuhkan oleh komputer, agar dia bisa beroperasi secara maksimal.





Semua komponen yang dibutuhkan oleh komputer agar bisa berfungsi secara maksimal inilah, yang disebut dengan Sistem Komputer. Ingat, Sistem Komputer itu tidak sama dengan Sistem Operasi. Jadi, jangan sampai nanti kamu salah mengartikan dan membedakannya. Sekarang kita akan membahas komponen sistem komputer ini secara singkat dan umum:
  • Systen Unit - Coba perhatikan gambar diatas, dan lihat, yang mana yang disebut dengan system unit itu. System Unit adalah bagian utama dari sebuah sistem komputer. Didalam sistem unit ini terdapat: logic board (system board atau motherboard), disk drive(s), power supply, dan beberapa kabel internal yang berfungsi menghubungkan setiap komponen.
  • Keyboard - Alat input atau masukkan yang paling populer dan paling umum digunakan dalam sebuah sistem komputer. Keyboard ini berfungsi sebagai alat komunikasi antara pengguna (user), dengan komputer yang digunakannya. Melalui keyboard ini, seorang user bisa memberikan perintah kepada komputer, mengakses menu, menjalankan program, dan lain-lain.
  • Mouse - Alat input lain yang juga paling umum dan paling populer digunakan pada PC. Mouse ini fungsinya hampir sama dengan keyboard (mengakses menu, menjalankan program, etc). Tapi bedanya, mouse tidak mempunyai tombol yang banyak seperti keyboard. Sebuah mouse umumnya hanya mempunyai 2-3 tombol. Mouse biasa disebut juga sebagai pointing device, atau alat penunjuk.
  • Video Monitor - Atau biasa dikenal sebagai monitor. Fungsinya? Sesuai dengan namanya, memonitor. Melalui alat ini, seorang user bisa memonitor semua aktivitas yang dilakukan oleh komputer. Melalui layar monitor, si user bisa melihat program yang dijalankan, menu-menu yang tersedia, dan mengetahui hasil perbuatannya (melihat gambar yang dibuatnya, dokumen yang diketiknya, etc).
  • Printer - Biasa juga disebut sebagai Output Device. Printer ini berfungsi mencetak atau menampilkan hasil akhir dari semua aktivitas yang dilakukan oleh seorang user. Misalnya, mencetak dokumen berupa teks, ataupun gambar.
  • Speaker - Speaker ini juga berfungsi sebagai Output Device. Namun output yang diberikannya berupa suara yang bisa didengar oleh user. Baik itu berupa suara musik, suara rekaman percakapan, film yang sedang diputar, sound efek dari game yang sedang dimainkan, dan lain sebagainya.
Nah, itu tadi gambaran singkat mengenai sebuah sistem komputer pada umumnya. Sekarang, kita akan masuk kebagian yang lebih dalam lagi. Sekarang, kita akan membongkar bagian system unit, dan melihat apa saja isinya.

System Unit

Seperti yang dijelaskan diatas, system unit ini adalah bagian utama yang terdapat pada sebuah sistem komputer. Didalam bagian inilah, hampir sebagian besar proses berlangsung. Bagian ini bisa kita bagi-bagi menjadi empat bagian yang utama. Yaitu: power supply,disk drives, system board, dan adapter cards, seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini.


  • System Board - Biasa juga disebut MotherBoard. Kenapa disebut motherboard? Sebab, dia berfungsi sesuai dengan namanya. Mother artinya Induk, Board artinya Panel. Kalo digabung, Induk Panel eh.. ma'af kebalik... yang benar adalah Panel Induk. Jadi, motherboard ini berfungsi sebagai panel induk atau utama. Semua perangkat yang tergabung dalam suatu sistem komputer, akan terhubung dan dikendalikan melalui motherboard ini.
  • Power Supply - Alat ini bukan diciptakan oleh sebuah kelompok musik kenamaan. Kenapa dia diberi nama yang sama dengan group band tersebut? Nama yang disandang oleh perangkat ini diambil berdasarkan fungsinya, yaitu sebagai penyuplai tenaga atau listrik. Melalui power supply inilah, semua perangkat yang terhubung dengan system unit mendapatkan tenaganya.
  • Disk Drive - Perangkat ini berfungsi sebagai media penyimpan data secara permanen. Emang ada data yang tidak permanen? Yup, ada, tapi itu nanti. Didalam diskdrive inilah komputer akan menyimpan dan semua data yang diperlukan. Didalam diskdrive ini juga, sistem operasi, dan program aplikasi akan tersimpan dan dijalankan. Hardisk, Floppy Disk atau Disket, CD dan DVD adalah contoh-contoh dari DiskDrive.
  • Adapter Card - Biasa juga sebut sebagai interface card. Interface atau adapter card ini biasanya berfungsi sebagai perangkat tambahan (kecuali Video Card) yang akan memberi nilai tambah pada suatu system komputer. Bagaimana dengan Video Card?
Video Card tidak bisa kita kelompokkan sebagai perangkat tambahan. Sebab tanpa video card, kita tidak bisa melihat apa yang akan ditampilkan oleh komputer di monitor. Yang dimaksud dengan perangkat tambahan disini misalnya, audio card atau sound card, network card, modem internal, dan beberapa perangkat lainnya.
  • Signal Cable - kabel ini berfungsi sebagai penghubung antara mother board dengan disk drive. Melalui signal cable ini, semua data mengalir dari mother board ke disk drive, atau sebaliknya.
So, sampai disini, kita sudah mengenal perangkat-perangkat yang umumnya terdapat dalam sebuah sistem komputer. Hampir semua orang yang pernah berurusan dengan komputer, ataupun sekedar pernah melihat-lihat komputer, pasti mengenal semua perangkat ini. Kecuali mungkin bagian dalam dari system unit. Karena masih banyak yang merasa takut untuk sekedar membuka casing dan mengintip isinya.

0 komentar:

:) :( ;) :D ;;-) :-/ :x :P :-* =(( :-O X( :7 B-) :-S #:-S 7:) :(( :)) :| /:) =)) O:-) :-B =; :-c :)] ~X( :-h :-t 8-7 I-) 8-| L-) :-a :-$ [-( :O) 8-} 2:-P (:| =P~ :-? #-o =D7 :-SS @-) :^o :-w 7:P 2):) X_X :!! \m/ :-q :-bd ^#(^ :ar!

Poskan Komentar