Pages

Selasa, 08 November 2011

MEMORI RAM

Pada setiap komputer pastilah terdapat suatu piranti memori (memory device). Ada 2 jenis piranti memori ini, yaitu memori internal dan memori eksternal.
Memori internal ini pun terdiri dari 2 jenis, yaitu RAM (Random Access Memory) dan ROM (Read Only Memory).
RAM adalah suatu piranti memori yang bersifat menyimpan memori sementara dan pengaksesannya dilakukan secara acak.
RAM ini terdiri dari 2 jenis, yaitu RAM Statis dan RAM dinamis. RAM biasanya berbentuk kepingan dan terdiri dari 2 jenis, yaitu SIMM (Single Inline Memory Module) dimana pada penampakan fisiknya, pin dan pin yang berada tepat dibaliknya memilki nomor yang sama dan DIMM (Dual Inline Memory Module) dimana kedua sisi dari penampakan fisik ini menunjukkan bahwa dua buah sisi menjalankan sekuens proses masing-masing, namun masih mendukung satu proses utama yang sama.
SIMM biasanya memiliki jumlah pin sebanyak 30 dan 72 pin sedangkan DIMM memiliki jumlah pin sebanyak 168 pin dan biasanya memiliki kapasitas lebih besar daripada SIMM.


SIMM 30 pin, SIMM 72 pin dan DIMM 168 pin





RAM ini biasanya terletak pada sebuah soket memori. Soket untuk SIMM biasanya berwarna putih, sedangkan untuk DIMM biasanya berwarna hitam.



Soket SIMM (Kiri), Soket DIMM (Kanan)

3. Peralatan
1. 1 unit Komputer

4. Langkah Kerja
1. Bongkarlah casing komputer dan lepaskanlah seluruh komponennya dan kabel – kabel penghubungnya.
2. Perhatikanlah RAM yang terpasang pada motherboard apakah termasuk SIMM atau DIMM.
3. Perhatikan juga soket memori pada motherboard tersebut apakah soket untuk SIMM atau soket untuk DIMM.
4. Lepaskanlah RAM dari soketnya :
• Bila RAM yang ada pada motehrboard tersebut adalah SIMM maka lepaskanlah RAM dari soketnya dengan cara menekan pengunci di pinggir soket ke arah luar lalu doronglah RAM setelah lepaskan RAM dari soketnya.
• Bila RAM yang ada pada motherboard tersebut adalah DIMM maka lepaskanlah RAM dari soketnya dengan cara membuka pengunci ke arah luar dan mengangkat memori.
6. Cobalah anda pasang kembali seluruh komponennya (kecuali RAM) dan anda hidupkan kembali komputer anda! Apakah yang terjadi??
7. Setelah itu matikan kembali komputer anda lalu pasangkan kembali RAM pada soketnya :
• Bila SIMM caranya tentukan pin 1 pada memori dan pin 1 pada soket SIMM, pasangkan RAM lalu masukkan RAM dari salah satu sisi soket dengan posisi miring lalu dorong RAM sehingga terpasang tegak dan terkunci.
• Bila DIMM caranya tekan RAMi ke arah bawah sampai pengunci terpasang pada RAM.
8. Setelah RAM terpasang kembali pada soketnya, cobalah hidupkan kembali komputer anda! Apakah komputer anda kembali beroperasi dengan normal?? Jika ya, pasanglah kembali casingnya.

0 komentar:

:) :( ;) :D ;;-) :-/ :x :P :-* =(( :-O X( :7 B-) :-S #:-S 7:) :(( :)) :| /:) =)) O:-) :-B =; :-c :)] ~X( :-h :-t 8-7 I-) 8-| L-) :-a :-$ [-( :O) 8-} 2:-P (:| =P~ :-? #-o =D7 :-SS @-) :^o :-w 7:P 2):) X_X :!! \m/ :-q :-bd ^#(^ :ar!

Poskan Komentar